BUDAYAKAN BAHASA SUNDA TERHORMAT, CERAHKAN GENERASI MUDA JAWA BARAT


BUDAYAKAN BAHASA SUNDA TERHORMAT,
CERAHKAN GENERASI MUDA JAWA BARAT
B

ahasa Sunda adalah bahasa yang sering digunakan seluruh masyarakat Provinsi Jawa Barat, maka dari itu disebut sebagai bahasa daerah Jawa Barat. Bahasa Sunda identik dengan tiga tingkatan bahasa, yakni ada yang dinamakan basa lemes, basa loma, dan basa kasar (dalam Bahasa Sunda). Ada aturan-aturan tersendiri dalam penggunaan berbagai tingkatan bahasa dalam Bahasa Sunda tersebut.
Seiring berjalannya waktu, banyak warga Jawa Barat yang jarang menggunakan bahkan tidak sama sekali menggunakan Bahasa Sunda yang merupakan bahasa daerahnya sendiri seperti pada wilayah perkotaan, khususnya pada generasi muda zaman sekarang. Salah satu faktornya adalah didikan orang tua yang sama sekali tidak menerapkan dalam kehidupan sehari-harinya penggunaan Bahasa Sunda. Orang tua sekarang lebih mengajarkan anaknya Bahasa Indonesia sejak dini karena anggapan hidup di perkotaan. Akibatnya, apabila kita mendapat pelajaran MULOK Bahasa Sunda di sekolah kita tidak akan cepat memahami walau kata-katanya mudah untuk diucapkan dan diterjemahkan.
Disamping itu, banyak masyarakat Jawa Barat yang menggunakan Bahasa Sunda dicampur dengan Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan karena tidak ada dasar yang kuat dalam pembelajaran Bahasa Sunda dalam kehidupan sehari-hari. Bukan mengenyampingkan fungsi Bahasa Indonesia, namun setidaknya kita sebagai warga Jawa Barat menggunakan bahasa daerah sendiri sebagai bukti cinta kita kepada tanah leluhur kita.
Selain itu, banyak pula yang paham dengan Bahasa Sunda dari usia dini, namun karena pergaulan mereka sering menggunakan Bahasa Sunda tidak sesuai dengan aturan dan kaidah Bahasa Sunda, seperti penggunaan basa kasar pada orang yang berada di bawah kita, seusia kita bahkan diatas kita.
Sebagai generasi muda Jawa Barat, kita harus menjunjung tinggi Bahasa Sunda dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan kaidah Bahasa Sunda, karena jika bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan bahasa daerah sendiri. Mari kita junjung tinggi harkat, derajat dan martabat Bahasa Sunda di negeri sendiri agar tidak lenyap ditelan zaman.


Ditulis oleh : ASRI WAHYUNI TRISNAWAN



3 comments:

BlueSkyWinter Blog said...

cintailah bahasa ibu :)

Iis Yuningsih said...

kalau bukan KITA sebagai GENERASI MUDA INDONESIA yang akan melestarikan budaya,,SIAPA LAGI??hehe =D

BlueSkyWinter Blog said...

sayangnya, sekarang ini banyak orang tua yang sedari kecil mengajarkan anaknya untuk berbahasa Indonesia...

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Popular Posts

Followers

    Statistika Laman

    Pengunjung

    free counters

    Site Info

    Review e-slr.blogspot.com on alexa.com